Lima Film Animasi Musikal Disney dengan Lagu Terbaik

halo semuaahh :* sudah lama aku gak posting and now.. i want posting something, disimak :3

Di jaman kejayaannya, film-film animasi musikal Disney sangat populer sehingga rasanya sulit untuk menemukan penonton yang tak pernah melihat atau mendengar tentang film-film klasik yang pernah diproduksi studio ini. Setelah sempat tenggelam dengan film-film animasi berkualitas menengah selama beberapa waktu, di tahun-tahun belakangan Disney menunjukkan bahwa mereka masih bisa menghasilkan film animasi musikal yang berkelas.

Meski belum kembali menjadi langganan pemenang lagu terbaik di ajang Academy Awards, “I See the Light” dari film “Tangled” (2010) sudah berhasil masuk menjadi nominasi. Tahun ini, para pengamat film juga memprediksi bahwa “Let It Go” dari film “Frozen” (2013) akan menjadi penantang cukup serius.

Setelah Anda menikmati lagu-lagu karya Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez dalam film “Frozen”, mari kita tilik kembali beberapa film animasi musikal paling populer keluaran Disney. Berikut adalah lima film animasi musikal Disney dengan jajaran lagu terbaik:

1. Snow White and the Seven Dwarfs

“Snow White and the Seven Dwarfs” (1937) sudah punya tempat khusus di hati penggemarnya sebagai film animasi panjang pertama yang pernah diproduksi Disney. Tak hanya merupakan inovasi teknologi yang menjadi pionir lahirnya film-film animasi lain, “Snow White and the Seven Dwarfs” juga mempunyai dampak kultural yang sangat besar.

Lagu-lagu dalam film ini dibuat oleh Frank Churchill dan Larry Morey. Meski tidak mendapatkan nominasi untuk lagu terbaik, Churchill, Leigh Harline, dan Paul J. Smith mendapatkan nominasi dalam kategori music score. Lagu-lagu paling terkenal dari film ini adalah “Whistle While You Work”, “Heigh-Ho”, dan tentu saja, “Some Day My Prince Will Come” yang dinyanyikan oleh Adriana Casselotti.

Daftar lagu: “I’m Wishing”, “One Song”, “With a Smile and a Song”, “Whistle While You Work”, “Heigh-Ho”, “Bluddle-Uddle-Um-Dum (The Dwarfs’ Washing Song)”, “The Dwarfs’ Yodel Song (The Silly Song)”, “Some Day My Prince Will Come”, “Heigh-Ho (Reprise)”, “One Song (Reprise)”, “Some Day My Prince Will Come (Reprise)”

2. The Little Mermaid

“The Little Mermaid” (1989) dianggap sebagai film pertama yang menandai dimulainya era Disney Renaissance – masa kebangkitan film-film animasi Disney di tahun ’90-an. Kolaborasi Alan Menken dan Howard Ashman pun membawa angin segar dengan menghadirkan lagu-lagu bernuansa pagelaran musikal Broadway dalam film animasi.

Meski hampir saja hilang dari filmnya, “Part of Your World” yang dinyanyikan Jodi Benson akhirnya diselamatkan oleh duo sutradaranya, Ron Clements dan John Musker, serta supervising animator, Glen Keane. Walaupun “Part of Your World” menjadi lagu paling terkenal dari film ini, “Under the Sea” dan “Kiss the Girl” justru akhirnya menjadi lagu-lagu yang mewakili “The Little Mermaid” dalam ajang Academy Awards ke-62. “Under the Sea” kemudian menjadi pemenang dalam penghargaan tersebut.

Daftar lagu: “Fathoms Below”, “Daughters of Triton”, “Part of Your World”, “Under the Sea”, “Part of Your World” (Reprise), “Poor Unfortunate Souls”, “Les Poissons”, “Kiss the Girl”, “Happy Ending”

3. Aladdin

Dalam rilis aslinya, “Aladdin” (1992) mengundang cukup banyak kontroversi. Penyebab utamanya adalah karena lirik “Arabian Nights” yang dinyanyikan di awal film animasi ini dianggap menyinggung ras oleh American-Arab Anti-Discrimination Committee. Meskipun sebagian dari lirik lagu tersebut akhirnya diubah, “Aladdin” tetap menjadi salah satu film animasi musikal terpopuler.

Dalam penyelenggaraan Academy Awards ke-65, lagu “A Whole New World” dari Alan Menken dan Tim Rice mengalahkan lagu-lagu favorit dari film “The Bodyguard” (1992) seperti “I Have Nothing” dan “Run to You”. Sementara itu, sampai sekarang, versi single “A Whole New World” yang dinyanyikan Peabo Bryson dan Regina Belle masih menjadi satu-satunya lagu dari film animasi Disney yang berhasil memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100.

Daftar lagu: “Arabian Nights”, “One Jump Ahead”, “One Jump Ahead (Reprise)”, “Friend Like Me”, “Prince Ali”, “A Whole New World”, “Prince Ali (Reprise)”

4. Beauty and the Beast

“Beauty and the Beast” (1991) mungkin adalah film dengan tampilan animasi 2D paling mewah yang pernah dibuat Disney. Jauh sebelum film-film remaja penuh dengan karakter wanita pemberani dan pria pemurung, “Beauty and the Beast” sudah mengadaptasi dongeng klasik ini dengan sempurna. Dalam banyak daftar film-film animasi Disney terbaik, film ini juga sering dianggap sebagai salah satu mahakarya dari studio animasi ini.

Yang membuat “Beauty and the Beast” menjadi film yang istimewa tentu saja adalah lagu-lagunya yang membuat kisah romantis ini makin lekat di ingatan. Lagu tema “Beauty and the Beast” dari Alan Menken – dinyanyikan dalam film oleh Angela Lansbury dan dipopulerkan oleh Celine Dion dan Peabo Bryson – menempati posisi terhormat dalam daftar lagu terbaik versi AFI di posisi ke-66. “Be Our Guest” yang dinyanyikan oleh para penghuni kastil juga merupakan salah satu lagu terkenal dari film ini yang disajikan dengan koreografi animasi yang dinamis.

Daftar lagu: “Belle”, “Belle (Reprise)”, “Gaston”, “Gaston (Reprise)”, “Be Our Guest”, “Something There”, “Human Again”, “Beauty and The Beast”, “The Mob Song”, “Transformation (Beauty and the Beast – Reprise)”

5. The Lion King (1994)

Di dalam daftar ini, selain “Beauty and the Beast”, hanya “The Lion King” yang sanggup mengisi tiga dari lima nominasi lagu terbaik di ajang Academy Awards. Dalam penyelenggaraan Oscar ke-67, “The Lion King” mendapat nominasi untuk “Can You Feel the Love Tonight”, “Hakuna Matata”, dan “Circle of Life”. Piala ini kemudian dimenangkan oleh Elton John dan Tim Rice untuk “Can You Feel the Love Tonight”, sebuah lagu yang masih populer sampai sekarang. Sang komposer sendiri, Hans Zimmer, mendapatkan satu-satunya piala Oscar yang pernah diterimanya dari film ini.

Film animasi yang terinspirasi dari “Hamlet” ini menjadi film dengan pendapatan total terbesar di tahun 1994 dengan mengumpulkan $987,483,777. Selain itu, soundtrack-nya pun menjadi album paling laris nomor empat di tahun tersebut dalam daftar Billboard 200. Album “The Lion King” masih menjadi satu-satunya soundtrack film animasi yang mendapat sertifikasi Diamond di Amerika Serikat.

Daftar lagu: “Circle of Life”, “I Just Can’t Wait to Be King”, “Be Prepared”, “Hakuna Matata”, “Can You Feel the Love Tonight”, “Circle of Life”, “I Just Can’t Wait to Be King”

so?mana favorit kalian?kalau aku aladdin sama beauty and the beast😀 sekian byee😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s